Permata XII

Humas SDII
Penjelajahan Alam PERMATA XII
Pada tanggal 13 s.d 15 Oktober 2017, SD Islam Istiqomah kembali mengadakan kegiatan Perkemahan Awal Tahun ( PERMATA ) untuk kali dua belas. PERMATA XII ini dilaksanakan di Dusun Bulusari,  Desa Rejosari Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Sebanyak 180 siswa penggalang kelas 5 dan kelas 6 memulai kegiatan dari sekolah pada hari Jum'at pukul 13.30 WIB. Sepuluh armada angkutan kota dan sebuah truk menghantarkan mereka menuju lokasi.

Perkemahan dilaksanakan selama tiga hari dua malam. Berbeda dengan PERMATA sebelumnya, kegiatan PERMATA tahun ini banyak perubahan dalam susunan acara. Kegiatan api unggun yang biasa dilakukan pada malam Ahad atau malam kedua, kini dilakukan pada malam pertama sekaligus pembukaan kegiatan. Pada malam pertama ini, diberikan materi kepramukaan dari Kamabigus, Kak Masykur. SElama pemberian materi tersebut, beberapa anak mewakili regu masing-masing bersilaturahim ke tempat tetangga lokasi perkemahan.

Pada hari kedua mereka melakukan penjelajahan alam. Melewati hutan karet serta menyusuri sawah dan sungai menjadi tantangan alam yang mengasyikkan. Jelajah alam ini berakhir pada siang hari. Peserta yang telah menyelesaikan tantangan penjelajahan hingga pos terakhir yakni di perkemahan segera membersihkan badan kemudian dilanjutkan dengan shalat Dzuhur berjamaah. Kegiatan berikutnya ialah perlombaan pioneering antar regu. Inilah ajang bagi masing-masing regu menunjukkan kompetensinya hasil dari latihan rutin setiap hari Jumat di sekolah dalam ekstra kurikuler pramuka.

Malam hari, seluruh regu bersiap untuk mementaskan seni dalam acara pentas seni. Setelah shalat Isya' berjamaah usai, peserta menempatkan diri di depan panggung yang telah disiapakan guna pementasan.Sebanyak 18 penampilan dari 18 regu telah ditunjukkan pada malam itu. Anak-anak puas sebab mendapatkan tempat dan waktu guna mengapresiasikan bakat dan minat seni mereka.

Ahad, 15 Oktober 2017 kegiatan PERMATA XII dinyatakan selesai oleh Kamabigus dalam upacara penutupan. Pukul 10.00 WIB, seluruh peserta bersiap kembali ke rumah masing-masing.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)