Selasa, 23 September 2014

10 Jenis Buku Untuk Guru

Tidak ada kekhususan yang mengharuskan membaca buku-buku tertentu jika memang kita ingin membaca menjadi habit kita. Pemilihan tema, kategori atau jenis buku mutlak menjadi hak pembaca berdasarkan dari hal yang ia sukai terhadap sesuatu hal. Ada seorang siswa yang suka membaca tabloid olahraga, ya karena memang mereka suka dengan berita-berita olahraga. Ada pula siswa yang suka membaca KKPK, Ya karena ada suatu hal yang menarik baginya dari cerita yang dibaca. Lantas bagaimana dengan guru? Buku jenis apakah yang sesuai dengan guru?

Sekali lagi, jenis bacaan menjadi hak prerogatif pembacanya, namun demikian dalam artikel ini saya ingin mengulas tentang jenis buku yang patut menjadi referensi bagi guru untuk mengembangkan  kompetensinya sebagai tenaga profesional di bidang pendidikan.

#1 Buku Materi Pelajaran
Buku materi pelajaran menjadi pilihan pertama buku untuk guru. Mengajarkan materi pada siswa tentu membutuhkan bahan-bahan materi beragam. Mohon maaf, jika seorang guru hanya berpatokan pada satu buah buku dari salah satu penerbit saja, pengembangan materi yang akan diajarkan akan kurang maksimal. Ada baiknya jika ada satu buku utama yang menjadi patokan tetapi tetap memperhatikan konten buku paket lain sebagai bahan perbandingan dan pengayaan.

#2 Buku Psikologi
Menjadi guru tak hanya mengajarkan materi dalam buku namun juga proses pendampingan murid agar menjadi pribadi yang berkarakter dan berkepribadian baik. Proses pendampingan tersebut tentu membutuhkan pendekatan-pendekatan sebagai metode menjalin hubungan antara guru dengan murid. Buku-buku psikologi dapat menjadi acuan guru untuk bekal menghadapi permasalahan para murid dalam proses belajar mengajar di sekolah.

#3 Buku Teknologi
ICT Use adalah salah satu unsur yang dibutuhkan dalam pembelajaran abad XXI. ICT menjadi hal yang dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan. Oleh karena itu guru pun harus siap dan mampu menguasai teknologi dalam proses pembelajarannya di sekolah. Buku tentang teknologi yang dimaksud di sini dapat berupa buku tutorial tentang cara menggunakan komputer,mencari sumber bahan di internet, pembuatan media pembelajaran berbasis komputer, dan juga berita-berita terkini tentang teknologi.

#4 Buku Pendidikan
Buku pendidikan yang dimaksud seperti buku-buku tentang metode, cara mengajar, pengalaman-pengalaman dari para ahli tentang pandangan mereka terhadap dunia pendidikan. Buku ini dapat menambah kompetensi cara mengajar guru di kelas agar bisa keluar dari zona nyaman mengajar sehingga pembelajaran tampak lebih menarik dan mengasyikkan.

#5 Buku Biografi dan Sejarah
Biografi tokoh sangat menarik untuk dipelajari sebagai inspirasi guru dalam berjuang. Guru bisa belajar dari langkah-langkah perjuangan para tokoh tersebut. Sikap dan kredibilitas para tokoh dapat menjadi bahan muhasabah bagi guru untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

#6 Buku Religi dan Spiritual
Agama menjadi dasar pedoman menjalani kehidupan. Guru juga manusia yang memiliki ketidaksempurnaan, namun guru dihadapkan pula pada tuntutan bahwa ia adalah pribadi yang patut ditiru dan digugu, guru diharapkan dapat menjadi sosok manusia setengah dewa. Oleh karena itu mendalami ilmu agama menajdi pilihan yang tak bisa ditawar bagi guru untuk membentuk dan mengasah agar ia menjadi guru tangguh berhati cahaya*.

#7 Buku How To
Buku How To mengajarkan tentang sebuah ketrampilan yang bisa dikuasai jika benar-benar dipraktekkan. Guru dalam kesehariannya tentu akan dihadapkan dalam berbagai bidang masalah. Interaksi antara guru dan murid menjadi salah satu contoh nyata. Kadang-kadang dalam interaksi tersebut murid sering membincangkan tentang hal-hal tertentu berdasarkan hal yang dekat dengan mereka. Guru yang terus belajar untuk menguasai ilmu-ilmu baru tentu tak akan mati kutu jika murid membincangkan hal tersebut. Buku How To juga dapat membantu guru memiliki ketrampilan tertentu di luar ketrampilannya mengajar.
Buku-buku how to misalnya, cara menulis PTK, cara membuat artikel populer, cara membuat blog, cara membuat media pembelajaran, dan lain sebagainya.

#8 Buku Bisnis
Ada beberapa guru yang juga menjalankan bisnis di luar profesinya. Tuntutan kebutuhan hidup kadang tak bisa hanya mengandalkan gaji bulanan dari sekolah. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menjalankan bisnis. Buku-buku bisnis dapat memberikan bekal guru dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat terus berkembang tanpa mengganggu aktifitas profesinya sebagai guru.

#9 Buku Sastra
Guru juga perlu hiburan. Hiburan seorang guru tentu tak hanya sekadar hiburan namun juga ada pembelajaran yang bisa dipetik dari hiburan tersebut. Sastra menjadi pilihan untuk kedua hal itu, sebab sastra bersifat menghibur dan juga edukatif. Pesan edukatif tersirat dari kisah-kisah atau pesan yang ingin disampaikan penulis melalui karya sastranya. karya sastra ini bisa berupa novel, puisi, naskah drama dll.

#10 Kamus
Kamus terdiri dari ribuan bahkan jutaan kosakata yang digunakan dalam bahasa tertentu. Guru perlu menggunakan kamus ini untuk mencari kata-kata guna memperkaya bahasa yang akan digunakan dalam profesinya. Biasanya kamus digunakan hanya untuk mencari kata-kata tertentu saja bukan? nah, bagaimana jika kita mencoba membuka kamus untuk menginventarisasi memori otak dengan kosakata baru?

Itulah 10 buku-buku referensi untuk guru. Berharap buku-buku tersebut mampu membekali guru Indonesia menjadi guru hebat luar biasa. Guru Era Baru Mau Membaca Buku. Semoga bermanfaat.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon