Jumat, 14 November 2014

Membuat Majalah Dinding Itu Seru

Suasana lantai 2 SD Islam Istiqomah pada hari Sabtu, 1 November 2014 tidak seperti biasanya. Murid kelas 3 hingga kelas 6 berkumpul bersama untuk membaca karya majalah dinding yang disajikan oleh tiap kelas. Majalah dinding ini dibuat dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru Islam 1436H.

Majalah dinding yang telah dibuat telah melalui proses panjang, murid-murid peserta lomba mulai membuat karya masing-masing berupa cerita pendek, puisi, gambar, berita hingga pernik-pernik pada hari sebelumnya. Pada saat hari H, mereka bersama-sama meramu dan menyelesaikan rancangan majalah dinding di kelas masing-masing. Beragam hiasan dan bentuk terpampang pada kertas yang telah disediakan panitia.

Penilaian majalah dinding ini cukup unik, sebab dilakukan oleh murid-murid sendiri dari kelas lainnya dengan cara memberikan polling pada majalah dinding yang mereka anggap menarik dan bermanfaat. Setiap murid memberikan polling satu suara. Penilaian semacam ini memberikan pembelajaran kepada murid untuk berlaku jujur dan objektif. Murid-murid tidak diperkenankan memberikan penilaian pada majalah dinding kelasnya sendiri. Hal ini untuk membelajarkan kepada murid untuk mampu menghargai karya orang lain. Menurut Nia kelas 3A mengatakan bahwa menyusun majalah dinding ini cukup melelahkan tetapi seru dan mengasyikkan.





EmoticonEmoticon