Rabu, 18 Januari 2017

Belajar Sains di Museum IPTEK

Pada tanggal 15 Januari  siswa kelas 6 SD Islam Istiqomah melakukan kegiatan PLS ( Pembelajaran Luar Kelas ). Pada tahun ini mereka belajar dengan mengambil lokasi di Jakarta. Ada 4 obyek yang direncanakan akan dikunjungi yakni museum Pancasila Sakti, Museum IPTEK, Dunia Fantasi dan Ancol. Perjalanan dimulai menggunakan dua armada bus yang diisi oleh seluruh siswa kelas 6.

Mereka sampai di Jakarta pada hari Ahad malam. Setelah semalam beristirahat di penginapan, pagi harinya mereka melakukan kunjungan pertama yakni ke Museum Pancasila Sakti. Sayang bahwa perjalanan ke museum ini terhalang oleh kemacetan yang sangat panjang, oleh karena itu rombongan memutuskan untuk menuju ke obyek kedua yakni Museum IPTEK di TMII.

Di lokasi ini mereka langsung menyaksikan peragaan sains diantaranya adalah percobaan roket air. Selain itu banyak wahana yang bisa dikunjungi. Wahana-wahana tersebut menyajikan beberapa alat simulasi sains yang dapat dicoba. Salah satu wahana yang menarik banyak siswa mencoba adalah wahana simulasi rumah gempa. Di sini mereka dapat merasakan secara langsung situasi pada saat terjadi gempa bumi. Ada pula yang mencoba keberanian mengendarai sepeda di atas tali. Puas mencoba beberapa alat, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke lokasi ketiga yakni Dunia Fantasi.

Di lokasi ketiga ini, mereka dapat belajar mengenal budaya nusantara dan dunia dengan menikmati wahana rumah boneka. Di dalamnya terdapat beragam boneka yang mengenakan pakaian adat serta rumah tradisional masing-masing. Untuk melepaskan penat, rombongan menuju ke lokasi terakhir yakni ke Atlantis, Ancol. Di sini mereka melepaskan lelah dengan berenang di wahana tersebut. Hingga sore hari, akhirnya rombongan kembali menuju ke Ungaran. Tepat pukul 06.00 WIB tanggal 17 Januari 2017, rombongan akhirnya tiba dengan selamat dan kembali ke rumah masing-masing.


EmoticonEmoticon